Tempa Mental dan Nalar Mahasiswa, Fakultas MIPA Berikan Stimulant Kemah Sains 2016

Desa Palengaan daya, Dusun Lon delem Kecamatan Palengaan, tempat dimana dilaksanakannya pergelaran kemah sains sekaligus memperingati hari santri nasional oleh Fakultas MIPA selaku puhak penyelenggara sekaligus penanggung jawab acara. Pelaksanaan tersebut berlangsung selama 3 hari (21-23 Oktober 2016) dan diikuti oleh 21 peserta mahasiswa baru serta melibatkan para panitia yang terdiri dari mahasiswa senior yang tergabung dalam berbagai organisasi intra Fakultas MIPA salah satunya BEM Fakultas MIPA.

Acara pembukaan Kemah sains sekaligus memperingati hari santri nasional di hadiri oleh tokoh, ulama setempat dan anggota DPRD Kab. Pamekasan Bapak H. Mohammad Rusi, civitas akademika Fakultas MIPA UIM. Turut Hadir Dekan Fakultas MIPA UIM Bapak Kuzairi, S.Si., M.Si. Acara berjalan khidmat serta antusias masyarakat mewarnai semaraknya acara pembukaan Kemah Sains 2016.

Pergelaran pelaksanaan kemah sains tersebut diperuntukkan kepada mahasiswa baru Fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)  dengan tujuan memberikan stimulasi dan doktrin timbulnya mental dan nalar yang kuat kepada mahasiswa sebagai salah bentuk perwujudan atas visi dan misi Fakultas MIPA namun tetap mengkonsolidasikan dengan karakter Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah agar tetap dalam koridor basis pesantren yang diterapkan oleh Yayasan Universitas Islam Madura.

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan perpaduan ilmu yang berbeda, tentunya dengan perpaduan ilmu tersebut mahasiswa dituntut untuk lebih kerja keras dalam pembelajaran. Untuk permulaan dan pembuktian keseriusan Fakultas MIPA untuk menghasilkan lulusan terbaik dibidangnya namun tetap mempermudah mahasiswanya dalam menguasai perpaduan ilmu tersebut maka sejak awal masuk sudah banyak diperkenalkan salah satunya adalah pelaksanaan kemah sains tersebut.

Dalam pelaksanaan acara yang berlangsung 3 hari tersebut, banyak sekali materi yang diberikan kepada mahasiswa baru dan pihak penyelenggara sengaja mengundang dan mendatangkan pakar/ahli dalam bidangnya dan juga sekaligus mendatangkan pewakilan IKAHIMATIKA Wilayah V dari Universitas Islam Negeri Surabaya dengan maksud agar mahasiswa bisa lebih memperdalam ilmunya di luar jam kuliah dengan ikut bergabung kedalam organisasi tersebut.

Acara kemah sains tersebut diakhiri dan ditutup pada minggu malam (23 Oktober 2016) dengan harapan mahasiswa peserta kemah sains ter-stimulant dengan baik sehingga dapat mengaktualisasikan dan menerapkan ilmu yang diterima selama pelaksanaan kemah sains berlangsung ke dalam kehidupan faktual guna menjadi mahasiswa yang dapat bermanfaat bagi sesama utamanya dalam bidang ilmu matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA). (Redaksi FMIPA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *